Tugas Softskill

thank's for everythink have you given God . .



Kejuaraan Sepak Bola ASEAN (ASEAN Football Championship), sebelumnya bernama Piala Tiger (Tiger Cup), adalah suatu kejuaraan sepak bola internasional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Turnamen ini diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).
Aff cup 2010 ini menjadi kejuaraan yang berbeda bagi TIMNAS Indonesia, dengan pelatih baru yaitu Alfred Riedl pelatih berdarah Austria ini melakukan terobosan baru di kubu timnas dengan memilih pemain-pemain muda di skuad baru GARUDA. Selain itu timnas juga kedatangan para pemain baru yaitu pemain naturalisasi yang antara lain Christian Gonzales (pemain naturalisasi pertama Indonesia) dan Irfan Bachdim. Kiprah tim baru ini sangat diluar perkiraan, saat babak penyisihan timnas mengumpulkan poin sempurna dengan mengalahkan Malaysia pada penyisihan babak pertama dengan skor 1-5, Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (1/12/2010) malam WIB, Indonesia langsung menekan sejak babak pertama dimulai. Namun Malaysia memberikan kejutan pada ‘Tim Merah Putih’ walaupun pada awalnya timnas sempat tertinggal 1-0 oleh Malaysia dengan gol yang diciptakan oleh Norshahrul Idlan Namun, keunggulan Malaysia tak berlangsung lama. Pada menit 21, umpan Nasuha dari sisi kiri meluncur deras ke kotak penalti Malaysia. Ada Irfan Bachdim di sana, namun terkena kaki pemain Malaysia, Mohamad Asrarudin. Skor berubah 1-1.
Indonesia akhirnya berbalik unggul di menit 33 setelah bola di kaki pemain Malaysia direbut oleh Firman Utina. Firman pun langsung memberikan bola kepada Cristian, yang usai menggiring bola sejenak, melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-1, Gol ke 3, 4, dan 5 berturut-turut dicetak oleh M. Ridwan, Arief Suyono, dan Irfan Bachdim.
Di stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (4/12/2010) digelar pertandingan ke dua antara INDONESIA VS LAOS Gol pertama diciptakan oleh firman utina melalui pinalti yang bermula saat Cristian Gonzales dijatuhkan di dalam kotak penalti ketika memggiring bola, Firman yang bertugas sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya, 1-0 Indonesia memimpin. Gol lagi untuk Indonesia! Aksi Ridwan, usai memanfaatkan blunder operan Kitsada, membawa Indonesia unggul 2-0 atas Laos. Di babak kedua Indonesia semakin gencar memberikan serangan dan hasilnya di menit ke 49 ‘Garuda’ kembali membobol jala Laos. Kembali Firman yang menjadi pencetak golnya. Skor 3-0 semakin menjauhkan Indonesia dari tamunya Laos. Keunggulan Indonesia bertambah besar menjadi 4-0 di menit 51 dan yang menjadi pendulangnya adalah Irfan Bachdim. Ini adalah gol keduanya dalam turnamen ini. Arief Suyono atau yang biasa disapa ‘keceng’ menjadi pencetak gol ke lima bagi timnas gol yang Berawal dari umpan lambung Firman, kemudian terjadi kemelut di dalam kotak penalti Laos
Sepakan Hamka masih bisa ditepis Bounthisanh, tapi bola disambar oleh Arief Suyono dan terciptalah gol kelima Indonesia. Gol lagi!! Indonesia unggul jauh 6-0 atas Laos di menit 80 dengan diawali oleh umpan terobosan Irfan kepada Okto Maniani dan gol Okto Maniani menjadi peutup perlawanan Laos, Indonesia menak telak 6-0 atas Laos.
THIRD MATCH antara INDONESIA VS THAILAND Indonesia sempat menguasai pertandingan di 10 menit pertama. Tetapi setelah 1 x 45 menit tidak ad satu gol pun yang tercipta. Setelah rehat, Thailand kian mendominasi di babak kedua. Di menit 50, Thailand nyaris mencetak gol saat sebuah tendangan keras sudah melewati hadangan Markus, tetapi diusir Maman Abdurachman di mulut gawang. Kembali Indonesia melakukan serangan tapi penyelesaian akhir yang kurang baik membuat timnas belun mendapat 1 angka pun. Serangan silih berganti dan Thailand akhirnya berhasil unggul saat laga memasuki menit 69. Mendapat umpan kepala Keawsombut, sepakan deras Suree Sukha menjebol gawang Markus. Indonesia 0, Thailand 1.
Masuknya Arif Suyono menggantikan Okto Maniani setelah gol itu membuat permainan Indonesia lebih hidup. Perlahan, tim Garuda menekan pertahanan tim tamu. Penalti! Di menit 79, Gonzales dijatuhkan oleh Panupong Wongsa dan wasit tak ayal menunjuk titik penalti. Sebelum dijatuhkan, sontekan Gonzales menyambut umpan Eka membentur tiang Thailand. Bambang Pamungkas yang baru masuk ke lapangan di menit 58 menggantikan Irfan Bachdim sukses mengecoh Hathairattanakool dan membawa Indonesia menyamakan skor jadi 1-1. Di menit 86, Indonesia kembali mendapat penalti saat tendangan Arif Suyono mengenai tangan Wongsa. Selain penalti, wasit juga mengusir Wongsa karena telah menerima dua kartu kuning. Bambang yang kembali dipercaya jadi algojo mengarahkan bola ke sudut yang sama dengan penalti pertamanya dan gol! Indonesia berbalik unggul 2-1 atas Thailand!
Di menit-menit akhir, Thailand mencoba menyelamatkan peluangnya dengan bermain agresif. Namun hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua kubu. Dan hasil tersebut memaksa juara bertahan Thailand angkat koper karna dipertandingan lain Malaysia berhasil mengalahkan laos dengan skor 5-1 dan ikut menemani Indonesia kebabak semi final.
Setelah libur hampir satu minggu, akhirnya digelar juga SEMI FINAL 1st Leg - PHILIPPINE VS INDONESIA Bermain di bawah tatapan sekitar 70 ribu pasang mata yang kebanyakan pendukungnya sendiri di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/12/2010), Indonesia dibuat repot oleh Filipina. Indonesia berusaha mengambil alih permainan dari menit awal tapi Philippine yang dihuni 8 pemain naturalisasi kelas Eropa lebih bisa mengambil alih permainan sehingga Indonesia berada dalam tekanan. Tapi saat laga memasuki menit ke 32, Indonesia akhirnya memecah kebuntuan. Umpan panjang Firman Utina gagal diantisipasi Etheridge dan Gonzales menanduknya dan memaksa kipper Filipina memungut bola di gawangnya. 1-0 buat Indonesia. Filipina nyaris kebobolan oleh tindakan pemainnya sendiri di menit 39. Sebuah bola yang gagal dikuasai Irfan disapu Ray Jonsson ke samping kiri gawang Etheridge.
Di babak kedua, Indonesia lebih banyak menguasai bola. Masuknya Arif Suyono menggantikan Okto dan Bambang Pamungkas mengisi posisi Irfan membuat Indonesia sedikit lebih tajam.Di menit 72, Bambang memperoleh peluang di dalam kotak penalti Filipina. Namun lari Bepe kalah cepat dibanding Etheridge yang sigap keluar sarang dan memeluk bola. Indonesia malah nyaris kebobolan di menit 75. Kali ini, kegagalan Markus menangkap bola lambung membuat James Younghusband bisa mengarahkan bola ke gawang Indonesia. Namun beruntung Zulkifli Syukur dengan sigap berlari ke arah gawang dan bisa membuang bola di garis gawang dengan kepalanya. Skor 0-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.
SEMI FINAL 2nd Leg - INDONESIA VS PHILIPPINE mengantongi kemenangan 1-0 di leg pertama, tidak membuat Indonesia menerapkan system bertahan. Sejak peluit kick off babak pertama ditiup timnas langsung mengambil inisiatif serangan, serangan terus dilancarkan oleh Indonesia dan sesekali Filipina balik menyerang dengan mengandalkan counter attack. Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu dating juga, pada menit ke 42 sepakan pemain naturalisasi Christian Gonzales merobek jala gawang Filipina, walaupun sebelumnya bek Filipina sempat menahan tendangan mendatar Gonzales tapi sayang bola kembali ke kaki Gonzales dan sepakan ke duanya pun akhirnya dapat menjebol gawang Filipina. Skor 1-0 untuk Indonesia.
Memasuki babak kedua Indonesia dan Filipina tetap bermain ngotot, kedua tim silih berganti melakukan serangan. Sesekali serangan-serangan Filipina mengancam gawang Indonesia yang dijaga oleh Markus. Filipina nyaris saja menyamakan skor. Greatwich yang tak terkawal di tiang jauh berhasil menyambut bola umpan silang dengan kepalanya dan si kulit bundar menyisir tipis di atas mistar gawang Indonesia.pada menit ke 87 Bola mengarah ke tiang jauh dan Greatwich coba menanduknya, meski gagal Filipina harus bermain minus satu pemain setelah Greatwich mendapat kartu kuning kedua, usai melanggar Markus di kotak pinalti. Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tercipta dari dua kubu sehingga Indonesia dipastikan lolos menuju final piala aff 2010.
1st Leg FINAL AFF 2010 MALAYSIA VS INDONESIA Pertandingan ini merupakan babak pamungkas dari rangkaian pertandingan AFF SUZUKI 2010 yang diselenggarakan dengan sistem home away. Pertandingan 1st leg final AFF SUZUKI 2010 diadakan di stadion kebanggaan warga malaysia yakni stadion Bukit jalil. Bertolak dari kemenangan 1-5 pada babak penyisihan, banyak orang yang memprediksikan Indonesia akan memenangkan laga final pertama ini. Tapi tidak disangka-sangka melaysia memberikan kejutan kepada tim GARUDA, sebagai tuan rumah malaysa langsung mengambil alih serangan pada menit-menit awal. Okto panggilan lapangan dari Oktavianus maniani mendapatkan kartu kuning. Sangat disayangkan karena dalam pertandingan sebelumnya Okto sudah mengantongi kartu kuning pertama, sehingga dapat dipastikan Okto tidak akan memperkuat Indonesia di 2nd Leg final AFF yang akan diadakan di stadion Gelora Bung Karno tanggal 29. Timnas yang selalu menang sejak babak penyisihan seperti kehilangan taringnya, dan terus berada dalam tekanan. Beruntung para pemain masih bisa menjaga konsentrasi hinga peluit babak pertama ditiup skor tetap 0-0.
Memasuki babak kedua serangan yang dilancarkan kedua tim lebih bervariasi. Di menit awal, Gonzales sempat mencetak gol, tetapi gol itu dianulir karena terjebak offside. ulah para supporter Malaysia yang mengarahkan sinar laser ke sejumlah mata pemain indonesia juga tidak kalah membuat konsentrasi timnas terganggu dan Di menit ke-54 pertandingan sempat dihentikan, Sangat disayangkan, dalam pertandingan akbar ini masih saja dinodai dengan perilaku pemain ke-12 yang tidak supportif. Tidak berhenti disitu, beberapa saat setelah pertandingan dihentikan para supporter Malaysia kembali membuat ulah dengan meledakkan petasan ditengah-tengah lapangan. Beberapa menit kemudian, pertandingan kembali dimulai. Sangat disayangkan, akibat sempat dihentikannya pertandingan membuat konsentrasi timnas agak terganggu, Karena kurangnya konsentrasi dari pemain Indonesia, penyerang Malaysia safee berhasil membobol gawang Indonesia yang dijaga oleh markus. Berawal dari kesalahan Maman yang tidak sempurna dalam mempertahankan bola sehingga penyerang malaysia Sahrul dapat merebut bola yang kemudian dioper ke Safee. 1-0 Indonesia tertinggal. Karena tertinggal, coach Alfred Riedl mencoba merubah komposisi pemain dengan mengganti Yongki dengan Irfan Bachdim. Tetapi lagi-lagi Malaysia dengan dukungan puluhan ribu suporternya dapat menjebol gawang Indonesia melalui Ashari. 2-0 untuk keunggulan Malaysia. Di menit ke-72 safee yang bermain gemilang kembali menunjukkan kemampuannya dengan mencetak gol ketiga untuk Malaysia. 3-0 Malaysia memimpin. Coach Alfred Riedl sempat memasukkan Bambang Pamungkas dan Arif tetapi tak dapat mengubah hasil. Dengan demikian Indonesia harus berjuang mati-matian untuk dapat merebut piala AFF tahun ini. Minimal Indonesia harus unggul 3-0 di GBK tanggal 29-12-2010.
2nd Leg FINAL AFF 2010 INDONESIA VS MALAYSIA Sabtu (29/12/2010) di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pertandingan akhir dan merupakan penentu siapakah yang akan mencatat sejarah baru menjadi juara AFF untuk pertama kalinya. Stadion GBK dipenuhi oleh 95.000 supporter (suatu hal yang menakjubkan, karna stadion GBK hanya berkapasitas 90.000 penonton) stadion GBK dibanjiri oleh lautan merah yang merupakan supporter Indonesia. Sebelum pertandingan dimulai, ke dua tim secara bergantian menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing, saat lagu kebangsaan INDONESIA RAYA dikumandangkan seluruh stadion bergemuruh ketika seluruh supporter ikut menyanyikan lagu kebangsaan tersebut.
Kickoff babak pertama pun dimulai, para pemain Indonesia langsung mengurung pertahanan Malaysia dan melakukan serangan bertubi-tubi, beberapa kali serangan Indonesia mengancam gawang Malaysia hasilnya Pada menit ke 18 indonesia mendapatkan hadiah pinalti menyusul handsball yang dilakukan oleh Mohd Sabre bin Mat Abu. Firman utina yang dipercaya mengeksekusi bola mengirimnya secara akurat ke sudut kiri bawah gawang, tapi sayang tendangannya terlalu lemah sehingga penjaga gawang khairul fahmi dapat menjinakan bola. Pertandingan pun berlanjut tapi hingga babak pertama usai skor untuk kedua tim tepat 0-0.
Setelah beristirahat beberapa menit, pertandingan babak kedua pun dimulai, sama seperti di babak pertama Indonesia teruz menekan pertahanan tim tamu berkali-kali serangan timnas GARUDA dipatahkan oleh benteng pertahanan Malaysia. Tidak disangka-sangka memanfaatkan blunder yang bilakukan oleh maman, Idlan pemain bernomor punggung 9 ini langsung memberikan operan panjang kearah Moh Safee yang berlari kencang, dan tendangan First timenya berhasil mengoyak gawang yang dijaga oleh Markus Haris Maulana, Stadion GBK henin skor 0-1 untuk Malaysia. Tertinggal 1 angka coach Alfred mengganti beberapa pemain antara lain Firman Utina yang digantikan oleh Eka Ramdani dan Irfan Bachdim yang digantikan oleh Bambang Pamungkas. Walawpun setelah pergantian pemain ini serangan timnas sempat mengendur tapi akhirnya M. Nasuhah berhasil menjebol gawang timnas Malaysia setelah memanfaatkan bola muntah dari sepakan Ahmad Bustomi skor imbang 1-1. Serangan terus dilancarkan oleh kedua kesebelasan tapi selalu bisa dipatahkan sampai pada akhirnya pergerakan M. Ridwan di menit-menit akhir dapat mengecoh barisan pertahanan Malaysia dan berhasil melesatkan tembakan ke arah gawang sehingga menciptakan gol kedua walaupun tembakannya sempat menyentuh kepala pemain bertahan Malaysia, skor 2-1. Hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan, skor 2-1 bertahan hingga usai dan mengantarkan Malaysia menjadi juara AFF Cup 2010 walaupun pertandingan dimenangkan oleh indnesia tapi Malaysia menang secara agregat 2-4 dari iondonesia.
Meskipun tidak berhasil menjadi juara, seluruh supporter mengaku puas dan bangga menyaksikan pertandingan timnas GARUDA yang bermain Spartan pada malam itu dan seluruh penonton di stadion GBK memberikan standing applause. Selain itu Firman Utina juga mendapatkan penghargaan sebagai MPV atau pemain terbaik AFF Cup 2010. Tetap semangat GARUDAKU ini semua merupakan awal yang bagus dan masih ada kesempatan lain, terbanglah setinggi mungkin sampai kapanpun kami akan selalu mendukungmu.


Reff :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6339128
http://www.affsuzukicup.com/history.html


Nama lama kejuaraan ini berasal dari sponsornya yaitu perusahaan bir Singapura, Tiger Beer. Pada 2007, nama kejuaraan ini menjadi Kejuaraan Sepak Bola ASEAN, dan pada 2008, berubah lagi menjadi Piala Suzuki AFF.

0 comments: