Tugas Softskill

thank's for everythink have you given God . .

KIAT MEMELIHARA BURUNG ANIS MERAH

Anis merah adalah salah satu jenis burung ocehan yang digemari oleh para pecinta burung, Suara burung yang lebih renyah dan lincah dengan variasi yang lebih beragam mampu menghipnotis lebih banyak orang untuk menggemari kegiatan memelihara atau bahkan menangkarkan burung ocehan.
Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara memilih induk, ukuran kandang, dan cara penjodohan burung anis merah.
1. Pemilihan induk: Cari saja AM pejantan yang punya volume tebal/keras, kaki hitam (mental biasanya lebih bagus ketimbang yang kaki putih meski pastilah hal itu tidak mutlak), cukup umur (sekitar 3 tahun); tidak cacat. Untuk betina, cari yang kaki pendek hitam, body bulat (jangan yang kecil), beli yang sudah/sedang birahi yakni ngecir-ngecir kalau ketemu AM jantan.
2. Untuk kandang, ukuran PxLxT minimal 90×90×180 cm. Buatkan kotak untuk sarang yang didekatnya dikasih pintu yang memudahkan kita mengontrolnya, wadah pakan yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak bisa dirambah semut, tenggeran yang cukup, ventilasi udara yang cukup, syukur-syukur dapat matahari pagi, wadah air yang besar, beri dalamnya kuali untuk kita “memelihara cacing” sekaligus pakan AM.
3. Penjodohan, prinsipnya dekatkan terus AM yang akan kita jodohkan. Setelah sekitar sepekan, coba dimandikan bareng di karamba. Kalau masih tarung, berarti belum punya bakat berjodoh. Kalau sudah tidak tarung, coba jadikan dalam satu sangkar besar. Kalau sudah tidak tarung, bisa pindahkan ke kandang penangkaran.
Pada dasarnya burung ocehan perlu perawatan yang khusus agar bisa memiliki suara yang gacor dan cepat teler. Memang merawat anis merah harus rutin dan dan tepat dalam hal memandikan , makanan, penjemuran karena kalo tidak benar bisa lama bunyinya.
Berikut cara memelihara burung anis merah :
1. Beri makan kroto agar gacor.
2. Cacing dan ulat pisang untuk naikkan birahi/teller.
3. Jangkrik untuk naikkan powernya.
4. ulat bulu untuk peredam birahi.
5. Ulta hongkong untuk menaikkan suhu tubuh di waktu musim hujan.
Untuk memprediksikan telernya berdasarkan :
1. Kalo doyong umumnya badannya ramping dan cenderung panjang
2. Kalo nungging biasanya kondisi ekor agak naik dan burung agak kecil dengan
badan agak pendek.
3. Yang buka ekornya biasanya dalama keadaan biasapun cenderung ekornya
main/buka-buka.
Demikianlah sedikit saran yang bisa saya berikan, semoga sukses dan selamat mencoba.


http://omkicau.com/tag/derkuku/
http://omkicau.com/2009/02/26/menangkar-anis-merah/